Pemberitahuan Batas Akhir Usulan Akreditasi Jurnal Ilmiah Tahun 2020


Dipublikasi pada tanggal 2020-09-15 15:46:34



Dalam rangka meningkatkan kualitas terbitan jurnal ilmiah secara berkelanjutan, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan melaksanakan akreditasi terhadap jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan oleh perguruan tinggi, lembaga ilmiah, dan himpunan profesi di Indonesia sesuai Permenristekdikti nomor 9 Tahun 2018 tentang akreditasi jurnal ilmiah.

Bagi jurnal ilmiah yang belum terakreditasi atau masa berlaku akreditasinya tinggal 6 bulan atau sudah berakhir, dapat mengusulkan kembali untuk mendapatkan akreditasi. Bagi jurnal ilmiah yang baru, untuk mengajukan akreditasi minimal telah berusia 2 tahun, usulan yang masuk akan dievaluasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk terbitan jurnal ilmiah elektronik menggunakan instrumen yang tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Nomor 19 Tahun 2018 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, dapat dilihat pada laman http://arjuna.ristekbrin.go.id, http://risbang.ristekbrin.go.id atau http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/.

Sehubungan dengan situasi dan kondisi pandemi covid-19 yang masih belum berakhir serta adanya kondisi kenormalan baru dilingkungan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Pelaksanaan Akreditasi Jurnal pada tahun 2020 hanya akan dilakukan sebanyak 3 periode. Usulan akhir jurnal Ilmiah untuk tahun 2020 selambat-lambatnya diterima tanggal 30 September 2020 dan akan ditetapkan pada bulan Nopember 2020. Usulan yang masuk setelah tanggal tersebut akan dinilai dan ditetapkan pada periode anggaran tahun 2021. Pendaftaran Akreditasi Terbitan Jurnal Ilmiah Elektronik melalui laman http://arjuna.ristekbrin.go.id/.


Usulan Akreditasi Jurnal Ilmiah Tahun 2020.pdf