ToT Relawan Jurnal Indonesia 2018


Dipublikasi pada tanggal 2018-03-18 17:59:17



Pada tanggal 16 - 18 Maret 2018 diadakan Training of Trainer (ToT) Relawan Jurnal Indonesia di Yogyakarta. ToT ini menjadi ruang berbagi informasi yang seluas-luasnya terkait pengelolaan jurnal. TOT oleh RJI ini telah digelar dua kali. Para peserta TOT inilah yang akan menjadi Tutor dalam berbagai pendampingan jurnal di seluruh Indonesia. Pada tanggal 16 Maret 2018 acara ToT diadakan di Hotel Whiz Prime dimana ToT dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas IT Support dan Publishing Management.

RJI sendiri pertama kali dibentuk pada 1 Juni 2016 oleh beberapa orang yang berasal dari berbagai perguruan tinggi. Harapan dasarnya, RJI mejadi ruang untuk bertanya oleh banyak orang terutama pengelola Jurnal terkait tata kelola jurnal. Secara lebih jelas, Visi RJI adalah membantu pengelola jurnal mewujudkan pengelolaan jurnal secara elektronik yang berkualitas dan bereputasi di kancah nasional.

Acara ToT juga dihadiri oleh Sadjuga Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Dikutip dari www.jurnalindonesia.org Sadjuga menyampaikan bahwa “Saat ini kita berada dalam perkembangan industri 4.0,” tegasnya. Era 4.0 semua serba digital, dimana teknologi dan manusia harus bisa bekerja sama untuk bisa tetap bertahan dengan zaman yang terus berkembang".

Dalam ToT RJI 2018 kali ini Poliban mengirimkan dua orang pengelola jurnal yang setelah mengikuti ToT telah resmi sebagai Tutor RJI Korda Kalsel, diharapkan kedepannya dapat membangun hubungan dengan semua Relawan Jurnal di Indonesia. Hal ini dipandang sangat penting karena saat ini Poliban sedang berusaha untuk memaksimalkan pengelolaan jurnal yang ada. Poliban saat ini memiliki 2 jurnal bunga rampai dan 3 jurnal lainnya di bidang ilmu Elektro dan Informatika, bidang ilmu Teknik Sipil, dan Bidang ilmu Sistem dan teknologi Informasi. Mudah mudahan dengan melibatkan Relawan Jurnal dalam membantu pengembangan jurnal di Poliban, nantinya semua jurnal yang ada di Poliban dapat terakreditasi dan menjadi semakin maju.