Sosialisasi Pemanfaatan Jurnal Elektronik di Politeknik Negeri Banjarmasin


Dipublikasi pada tanggal 2017-07-19 11:05:14



Pada hari Senin tanggal 17 Juli 2017, Poliban menyelenggarakan sosialisasi pemanfaatan jurnal elektronik dengan narasumber Dr. Lukman, S.T., M.Hum. Acara diikuti oleh peserta yang terdiri dari para pengelola jurnal dan dosen di lingkungan Poliban.

Sosialisasi diisi materi antara lain "Pengenalan Sinta", “Penelusuran Cerdas (Smart Browsing)” dan “Pemanfaatan Basis Data Sitasi dan Bibliografi Scopus & Pengelolaan Referensi menggunakan Mendeley” oleh Dr. Lukman dari PDII-LIPI.

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan mengenai SINTA (Science and Technology Index) yang merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek. Selain itu juga dijelaskan tentang bagaimana mencari informasi yang cerdas dengan memanfaatkan teknologi yang telah tersedia dengan baik dan benar, khususnya informasi untuk melakukan penelitian ilmiah. Sebagai materi akhir dijelaskan bagaimana memanfaatkan dengan maksimal jurnal elektronik yang telah dilanggan baik itu dari perguruan tinggi sendiri maupun dari institusi luar, salah satunya dari Kemenristekdikti. Selain jurnal elektronik, Tahun 2016 Kemenristekdikti juga melanggan Scopus. Informasi dari Scopus dapat membantu peneliti memetakan rencana penelitian yang akan dilakukan, melihat peringkat publikasi internasional perguruan tinggi, membantu menghubungkan dengan ahli di bidang kajian tertentu, dan masih banyak lagi manfaatnya. Ketiga, mengelola sumber referensi dengan menggunakan Mendeley.

Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu sivitas akademika Poliban untuk lebih memanfaatkan fasilitas jurnal elektronik yang dilanggan institusi sendiri maupun yang dilanggan oleh Kemenristekdikti.